Home Bola Enam Gol di Dua Pertandingan tanpa Kebobolan, Italia Lolos ke Babak 16 Besar

Enam Gol di Dua Pertandingan tanpa Kebobolan, Italia Lolos ke Babak 16 Besar

Euro 2020

SHARE
Enam Gol di Dua Pertandingan tanpa Kebobolan, Italia Lolos ke Babak 16 Besar

Caption Gambar: Manuel Locatteli mencetak dua gol ke gawang Swiss dan menjadikannya pemain terbaik di laga tersebut. (Foto UEFA)

Jakartatodaynews.com, ROMA - Timnas Italia secara meyakinkan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 setelah menumbangkan Swiss 3-0 di Stadion Olimpico Roma, Kamis dini hari (17/6/2021) WIB.

Dua gol dicetak mantan pemain AC Milan, Manuel Locatelli (26’ dan 52’), sementara satu gol dilesatkan penyerang Lazio, Ciro Immobile (89’).

Jalannya pertandingan

Seperti melawan Turki di pertandingan pertama, Italia di menit-menit awal laga terus menyerang dan menguasai permainan.

Italia sebenarnya unggul lebih dulu lewat Giorgio Chiellini pada menit ke-19, namun gol tersebut dianulir usai Chiellini dinyatakan melakukan handball saat pemantauan lewat VAR.

Pada menit ke-24, Chiellini mengalami cedera dan harus ditarik keluar untuk digantikan oleh Francesco Acerbi.

Dua menit berselang atau menit ke-26, Italia akhirnya benar-benar menggetarkan gawang Swiss ewat Manuel Locatelli. 

Umpan jauh sesama pemain Sassuolo antara Locatelli ke Domenico Berardi jadi awal petaka bagi lini pertahanan Swiss.

Berardi berhasil melakukan tusukan di sisi kiri pertahanan Swiss dan melepas umpan datar ke muka gawang. Locatelli yang langsung berlari membantu serangan tiba di momen yang tepat. Ia tidak terpantau lini belakang Swiss dan dengan mudah menggetarkan gawang Yann Sommer.

Unggul 1-0 di babak pertama, Italia berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-52. Locatelli kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Menerima sodoran bola dari Nicolo Barella, Locatelli melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola meluncur deras ke pojok kiri gawang dan membuat Sommer hanya terpana.

Swiss sebenarnya bisa membuat ancaman ke gawang Gianluigi Donnarruma pada menit ke-64. Sayang tendangan Steven Zuber bisa dibendung Donnarruma.

Kemelut yang sempat terjadi pun bisa dihalau oleh lini belakang Italia.

Pada menit ke-70, Roberto Mancini memutuskan menurunkan Federico Chiesa dan Rafael Toloi untuk penyegaran sekaligus perubahan strategi di lapangan.

Di menit ke-73, umpan jauh Bonucci bisa membuat Immobile terbebas. Namun tembakan Immobile masih melenceng dari sasaran.

Immobile kembali membuang peluang di menit ke-76 dari titik yang serupa. Menerima sodoran bola dari Chiesa, tembakan Immobile lagi-lagi masih melebar dari gawang.

Dipercobaan ketiga, Immobile akhirnya bisa mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-89. Gol Immobile tercipta lewat tembakan dari luar kotak penalti yang tidak bisa ditangkap sempurna oleh Yann Sommer.

Hingga bunyi peluit panjang, Italia unggul 3-0 atas Swiss. Dengan kemenangan tersebut membuat Gli Azzurri menjadi negara pertama yang lolos ke babak knock out Euro 2020.

 

(Jakartatodaynews.com)