Home Nasional Layanan Telemedicine Pasien Covid-19 Diperluas ke Wilayah Bodetabek

Layanan Telemedicine Pasien Covid-19 Diperluas ke Wilayah Bodetabek

Covid-19

SHARE
Layanan Telemedicine Pasien Covid-19 Diperluas ke Wilayah Bodetabek

Caption Gambar: Ilustrasi Coronavirus. Sumber: Freepik.com

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan memperluas layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis melalui layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 isolasi mandiri ke 4 wilayah, yakni Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Bodetabek).

Diujicobakan di Jakarta pada 7 Juli lalu, layanan telemedicine ini hadir untuk mempermudah masyarakat terutama yang melakukan isolasi mandiri di rumah untuk konsultasi kesehatan secara virtual tanpa harus datang ke RS.

Selain itu, layanan ini juga untuk mengurangi beban keterisian tempat tidur di rumah sakit, sehingga layanannya bisa digunakan untuk pasien bergejala sedang, berat dan kritis.

BACA JUGA: Tinjau Vaksinasi Pelajar, Ini Pesan Jokowi

BACA JUGA: Jokowi Tinjau Vaksinasi Pelajar dan Vaksinasi Door to Door

“Total ada 11 platform telemedicine di Indonesia yang bekerjasama dengan Kemenkes di antaranya Halodoc, YesDok, Alodokter, Klik Dokter, SehatQ, Good Doctor, Klinikgo, Link Sehat, Milvik, Prosehat dan Getwell,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Widyawati, di dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Juli 2021.

Di masa pandemi sekarang ini, layanan telemedicine menjadi salah satu opsi terbaik untuk tetap memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat dengan risiko kesehatan yang seminimal mungkin. Karena antara pasien dan dokter tak perlu bertatap muka, cukup berkonsultasi secara online.

BACA JUGA: BIN Gelar Vaksinasi Door to Door di 14 Provinsi

BACA JUGA: Sebanyak 446 Orang Meninggal saat Isoman di 12 Wilayah Jawa Barat

Untuk itu, Kementerian Kesehatan terus berupaya memperluas layanan telemedicine Covid-19.

Selain di Jabodetabek, rencananya layanan telemedicine COVID-19 ini akan secara bertahap dikembangkan di ibu kota-ibu kota provinsi.

(Jakartatodaynews.com)