Home Peristiwa Begini Ucapan Syukur Anies Baswedan Saat Merasakan Air Wudhu Hingga Salat Subuh di Sumedang

Begini Ucapan Syukur Anies Baswedan Saat Merasakan Air Wudhu Hingga Salat Subuh di Sumedang

Pemprov DKI Jakarta

SHARE
Begini Ucapan Syukur Anies Baswedan Saat Merasakan Air Wudhu Hingga Salat Subuh di Sumedang

Caption Gambar: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di sebuah masjid di Sumedang. (Tangap Layar Akun Instagram @aniesbaswedan)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bersyukur dirinya bisa melaksanakan Salat Subuh di Sumedang.

Rasa syukur Anies Baswedan diutarakan di akun Instagram resminya di @aniesbaswedan dikutip Jakartatodaynews.com pada Sabtu (12/6/2021).

Anies Baswedan dalam postingannya tersebut mengunggah foto yang menggambarkan dirinya sedang duduk di sebuah masjid di Sumedang.

Saat itu, ia tengah bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau akrab disapa Kang Emil.

"Subuh di Sumedang. Bersyukur bisa wudhu dengan air segar kota Sumedang, bersujud di tanah yang jadi Puser Sunda, di mana dulu berdiri sebuah negeri bernama: Sumedang Larang.

Kuningan tidak jauh dari Sumedang. Dalam satu payung budaya Sunda. Ibu dan Nenek, serta seluruh keluarga besar sehari-hari berbahasa Sunda. Hingga kini di rumah kami, keluarga Ibu sehari-hari masih tidak berubah, hanya bisa ngobrol dengan bahasa Sunda.

Masa kecil sering melewati kota ini jika perjalanan dari Kuningan ke Bandung. Ibu dahulu sempat menjadi dosen di IKIP Bandung (Sekarang UPI). Kami meniti rute Kuningan, Cikijing, Majalengka, Sumedang lalu Bandung.

Keindahan alam sepanjang jalan jadi kenangan tersendiri; untung waktu itu belum ada HP. Jadi mata tidak terpancang ke layar HP, tapi sepanjang perjalanan mata melihat ke alam, kenangannya adalah pemandangan alam… :)

Jumat pagi itu, di Masjid Agung Sumedang kami bersujud. Bersama Kang @ridwankamil Gub Jabar dan Kang @dony_ahmad_munir Bupati Sumedang serta para ulama dan tokoh masyarakat. Kang Emil yang ternyata juga punya kenangan masa kecil dengan Kakek-Neneknya di kota Sumedang.

Tidak lama kemudian matahari terbit dengan cerah, menandai dimulainya sebuah Jumat yang produktif. Perjalanan kami membawa misi pemenuhan kebutuhan pangan bagi keluarga-keluarga di Jakarta.

Alhamdulillah, setelah bersujud dengan mata-hati, jalan keluar masjid menyongsong terbitnya mata-hari. Sebuah pagi di Sumedang, Pusernya Sunda. Sebuah pagi yang amat mengesankan.

#ABW" tulis akun Instagram @aniesbaswedan.

Suplai Pangan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melakukan kunjungannya ke Sumedang, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021) pagi tadi.

Selain melakukan panen raya di salah satu pesawahan di Desa Mekarwangi, Tomo, Sumedang pagi tadi.

Anies juga menjajaki kerjasama dengan Bupati Sumedang untuk menyuplai bahan pangan ke Jakarta.

"Alhamdulillah, hari ini Pemprov DKI Jakarta menyepakati kerja sama dengan Pemerintahan Kabupaten Sumedang terkait kebutuhan suplai pangan beras, di Desa Tolengas, Kec. Tomo, Sumedang, Jawa Barat," cuitnya Anies dalam twitternya, @aniesbaswedan.

Dalam postingan itu, Anies juga terlihat senang dengan panen raya disana, senyum sumringah terpancar dari bibirnya sembari mengangkat padi yang menguning.

Selain itu, saat berada di sana, ia juga terlihat membagikan buah kepada sejumlah warga disana.

Mendapatkan moment itu, warga terlihat senang.

Cuitan Anies itu kini telah disukai 4.293 pengguna twitter, dan diposting ulang sebanyak 843 akun lainnya.

Selain beberapa warganet juga terlihat senang dengan kedatangan Anies di sana.

Warganet juga meminta jajaki kerjasama dengan kota lainnya

"Ijin pak...mohon dilakukan penjajakan kerjasama dg kuningan juga, supaya perekonomian petaninya jg ikut terangkat, kan bapak pernah tinggal disana juga meski tidak lama," kata @enungnuroni.

(Jakartatodaynews.com)