Home Nasional Bela BEM UI, Din Syamsuddin: Itu Cermin Anak Muda Kritis

Bela BEM UI, Din Syamsuddin: Itu Cermin Anak Muda Kritis

BEM UI

SHARE
Bela BEM UI, Din Syamsuddin: Itu Cermin Anak Muda Kritis

Caption Gambar: Tangkapan layar informasi peretasan pengurus BEM UI. Sumber: Twitter @Leon_Alvinda

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Dukungan kepada pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia kembali muncul. Kali ini dari eks Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Din mengatakan sikap dan pandangan BEM UI tentang Presiden Joko Widodo sebagai King of Lip Service mencerminkan sikap anak muda kritis. Mahasiswa memang diajari berpikir kritis terhadap realitas kehidupan masyarakatnya.

“Itu hal biasa di kampus. Justru aneh kalau civitas akademika kehilangan daya kritis, apalagi cenderung membenarkan yang salah dan menyalahkan yang benar,” kata Din di dalam keterangan tertulisnya, Senin malam, 28 Juni 2021.

BACA JUGA: Usai Kritik Jokowi, Akun Medsos Pengurus BEM UI Diretas

Guru Besar FISIP UIN Jakarta ini menyatakan seyogianya Rektorat UI tidak menyikapi sikap BEM UI secara represif dan otoriter. Begitu pula, pihak yang tidak setuju dengan pandangan BEM UI, sebaiknya ajukan argumen dan fakta tandingan.

BACA JUGA: Membanggakan, Pelajar Indonesia Raih Medali Emas di Kompetisi Sains Informatika

Menurut Din, pandangan BEM UI sebenarnya pandangan banyak orang. Namun, BEM UI memiliki keberanian moral untuk menyuarakannya.

“Hal itu harus dipuji, apalagi jika pandangan itu disertai bukti atau argumentasi. Itu sikap intelektual sejati. Upaya pembungkaman kritisisme mahasiswa hanya akan membangkitkan kritisisme kampus yang selama ini sesungguhnya tidak mati dan tidak bisa dimatikan,” imbuh Din.

(Jakartatodaynews.com)