Home Nasional Indo Health Care Gakeslab Expo 2024 Resmi Dibuka

Indo Health Care Gakeslab Expo 2024 Resmi Dibuka

KESEHATAN

SHARE
Indo Health Care Gakeslab Expo 2024 Resmi Dibuka

Caption Gambar: Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin resmi membuka pameran Indo Health Care di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (31/7/2024).

Jakartatoday - Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin resmi membuka pameran Indo Health Care yang diselenggarakan oleh Krista Exhibitions.

Acara ini digelar bersama dengan Gabungan Pengusaha Alat Kesehatan dan Laboratorium (GAKESLAB), 31 Juli- 2 Agustus di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Budi mengatakan, ketahanan kesehatan di Indonesia harus membaik dana harus selaras dengan meningkatkan kualitas produk-produk alat kesehatan (alkes) yang diproduksi.

"Yang terpenting buat saya adalah supaya sesuai dengan tranformasi pilar nomor 3 di mana sistem ketahanan kesehatan kita makin baik. Karena pengalaman covid-19 kemarin kalau alat senjata kita masih import semua vaksin kita import semua," jelasnya, Rabu (31/7/2024).

"Kemudian obat-obatan import semua dan kalau ada pandemi kan lockdown jadi barang engga bisa bergerak kalau kita engga ada produksi dalam negeri jadi ketahanan kesehatan kita jadi engga baik," tambah Budi.

Budi mengatakan, adanya pameran Indo Health Care Gakeslab Expo 2024 ini sangat baik dan dapat menjadi sarana kemajuan alkes terbaru. Dia juga menegaskan komitmen pemerintah yang mendukung kemajuan perusahaan alkes di Indonesia.

"Secara bertahap, pemerintah ingin bikin kebijakan supaya teman-teman di swasta ini makin maju. Pemerintah hanya berfungsi sebagai katalisator aja," jelasnya.

Budi berharap pameran Indo Health Care Gakeslab Expo 2024 ini bisa menjadi media pertemuan antara produsen dan konsumen agar saling bertukar informasi dan mengambil manfaat. 

"Jadi nanti yang banyak beli kan puskesmas, klinik, gitu kan, rumah sakit, swasta, jadi bisa tahu produk-produk baru ke depannya seperti apa, produsen bisa mendengar dari mereka (konsumen) pengennya seperti apa. Kedua, bisa ngomong sama kita di Kementerian Kesehatan untuk melihat arah kebijakan itu," ungkapnya.

Sementara itu, Chief Executive Office Krista Exhibitions, Daud D. Salim, mengungkapkan bahwa pengembangan teknologi alkes di Indonesia telah memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan pelayanan medis dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Pameran Indo Health Care Gakeslab Expo 2024 yang diadakan ke 14 kalinya merupakan sarana untuk berkomunikasi dan berkolaborasi, serta memamerkan alat-alat terbaru.

"Pameran Indo Health Care Gakeslab Expo 2024 tahun ini diikuti oleh 120 perusahaan diantaranya 10 perusahaan UMKM dari 8 negara diantaranya adalah New Zaeland, China, Thailand, Malaysia, Singapore, South Korea, Indonesia dan Taiwan" ungkap Daud D Salim

Adapun Forum Group discussion membahas tema-tema seperti;

1. Membangun Kemandirian dan Resiliensi Nasional di Sektor Industri Alat Kesehatan dari Hulu ke Hilir.

2. Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Primer dan Rujukan di Era Jaminan Kesehatan

4. Nasional dan Akses Terhadap Produk Alat Kesehatan Yang Inovatif

5. Penjaminan Mutu Alat Kesehatan Tahap PreMarket - Post Market Meningkatkan Potensi Kerjasama Industri alat kesehatan dalam mendukung Kemandirian dan Resiliensi National.

Para pengunjung dapat melakukan registrasi online melalui link. https://register.kristaonline.com/visitor/indohealthcareexpo atau secara langsung di lokasi pameran dengan membawa undangan yang telah dikirimkan oleh pihak Krista Exhibitions.