Home Nasional LaporCovid: Ratusan Pasien Isolasi Mandiri Meninggal di Rumah

LaporCovid: Ratusan Pasien Isolasi Mandiri Meninggal di Rumah

Covid-19

SHARE
LaporCovid: Ratusan Pasien Isolasi Mandiri Meninggal di Rumah

Caption Gambar: Ilustrasi Coronavirus. Sumber: Freepik.com

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Ratusan pasien Covid-19 yang menjalankan isolasi mandiri meninggal di rumah. Ini berdasarkan pantauan dari relawan LaporCovid-19.

Ahmad Arif, relawan LaporCovid-19, mengatakan terdapat 451 pasien isolasi mandiri yang meninggal di rumah. Sebanyak 160 di antaranya berasal dari Jawa Barat.

"Jumlah yang terdata ini hanya fenomena puncak gunung es, karena tidak semua terlaporkan atau terberitakan," kata Ahmad Arif di dalam konferensi pers virtual, Senin, 12 Juli 2021.

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, Bawa Dokumen Perjalanan untuk Naik KRL

Ahmad Arif menjelaskan sebagian besar pasien isoman meninggal karena adanya keterlambatan untuk ditangani dengan layanan rumah sakit penuh.

Selain itu, adapula pasien yang saat meninggal enggan dibawa ke rumah sakit lantaran takut 'di-Covid-kan'.

BACA JUGA: Vaksinasi Individu Berbayar Batal Digelar Hari Ini

BACA JUGA: Ingin Dapat Vaksinasi Covid-19 Secara Pribadi dan Berbayar? Ini Cara Pendaftarannya

Menurut Arif, tren belakangan yang terjadi adalah adanya pasien isoman yang meninggal dari wilayah luar Jawa. Bagi Arif, ini indikasi bahwa penyebaran wabah sudah mulai intens di luar Jawa.

"Laporan mengenai pasien isoman yang meninggal sudah mulai terjadi di luar Jawa, kami menemukan juga di Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, dan di Sumatera Barat," ujarnya.

(Jakartatodaynews.com)