Home Peristiwa Tinggal Pilih, Pemkot Jakut Siapkan Rusun Bagi Warga Kampung Bayam

Tinggal Pilih, Pemkot Jakut Siapkan Rusun Bagi Warga Kampung Bayam

Relokasi Pengungsi

SHARE
Tinggal Pilih, Pemkot Jakut Siapkan Rusun Bagi Warga Kampung Bayam

Caption Gambar: Warga eks Kampung Bayam survey Rusun untuk hunian baru. Dok Istimewa.

JAKARTATODAYNEWS.COM - Perwakilan penghuni eks Kampung Bayam, Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara melakukan survey ke dua rumah susun (Rusun) sebagai alternatif hunian relokasi. Kedua Rusun yang dikunjungi pada Kamis (21/9) siang hingga malam, yakni Rusun Muara Angke di Kecamatan Penjaringan dan Rusun Nagrak Kecamatan Cilincing. 

 

Lurah Papanggo, Tomi Haryono mengatakan, kegiatan survey melibatkan tiga orang perwakilan warga. Mereka datang ke dua lokasi Rusun untuk memastikan fasilitas dan kondisi unit yang disiapkan. 

 

"Setelah survey ini warga akan melakukan rembuk. Semoga salah satu bisa menjadi pilihan," katanya, Kamis (21/9), malam. 

 

Dikatakan Tomi, opsi relokasi disiapkan Pemkot Jakut mempertimbangkan kondisi kehidupan warga di dalam tenda depan kawasan JIS tidaklah manusiawi. Secara medis, kondisi dmeikian juga sangat merugikan kesehatan, khususnya bagi anak anggota keluarga penghuni. 

 

Diharapkannya, opsi yang diberikan disambut baik oleh penghuni eks Kampung Bayam yang masih bertahan di dalam tenda. Dipastikannya, Pemerintah Kota Jakarta Utara akan memfasilitasi proses perpindahan hingga pengurus dokumen dan pemindahan sekolah anak anggota keluarga. 

 

Menurut Tomi, berdasar data validasi yang dilakukan terdapat sebanyak 19 KK yang bakal dipindah ke Rusun. Namun demikian, Tomi memastikan akan melihat perkembangan lapangan bila nantinya ada penambahan jumlah berdasar data hasil validasi. 

 

Ditambahkan Tomi, hingga saat ini Pemprov DKI Jakarta masih memberlakukan SK COVID-19 bagi penghuni Rusun. Karena itu, bagi penghuni eks Kampung Bayam yang mau direlokasi pun dipastikannya belum akan dikenakan tarif retribusi. 

 

"Kami mengimbau mereka agar segera bisa pindah. Mudah-mudahan besok sudah mulai pindah," tandasnya.