Home Nasional Usai Kritik Jokowi, Akun Medsos Pengurus BEM UI Diretas

Usai Kritik Jokowi, Akun Medsos Pengurus BEM UI Diretas

BEM UI

SHARE
Usai Kritik Jokowi, Akun Medsos Pengurus BEM UI Diretas

Caption Gambar: Tangkapan layar informasi peretasan pengurus BEM UI. Sumber: Twitter @Leon_Alvinda

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Sejumlah akun milik pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia diretas oleh pihak yang belum diketahui. Kejadian ini terjadi sehari pasca mereka mengunggah meme bergambar Presiden Joko Widodo dan diberikan caption Jokowi: The King of Lip Service.

Kabar ini dicuitkan oleh Ketua BEM UI, Leon Alvinda Putra, pada Senin, 28 Juni 2021. Di dalam cuitannya, Leon menceritakan beberapa pengurus BEM UI yang mengalami peretasan.

"Pada tanggal 27 dan 28 Juni 2021, telah terjadi peretasan akun media sosial kepada beberapa pengurus BEM UI 2021," cuit Leon dalam twitternya. 

BACA JUGA: Dinas SDA DKI Kerahkan Truk Bantu Distribusi Tabung Oksigen ke Rumah Sakit

Leon menuturkan kejadian bermula ketika pukul 00.56 WIB, 28 Juni 2021, akun WhatsApp Tiara Sahfina yang merupakan Kepala Biro Hubungan Masyarakat BEM UI 2021 tidak dapat diakses. 

Peretasan itu terlihat dalam telepon genggam Tiara, hingga saat cuitan itu disebarkan akun WhatsApp Tiara belum dapat diakses kembali. Peretasan juga menimpa Wakil Ketua BEM UI bernama Yogie.

BACA JUGA: Pengguna KRL Berkurang, Ada Apa?

Sejak pukul 07.11 WIB, 28 Juni 2021, akun WhatsApp Yogie tak dapat diakses. Namun terlihat muncul notifikasi akun tersebut sudah digunakan di gawai lain dan sekitar pukul 07.20 WIB akun tersebut sudah bisa digunakan lagi. 

Tak hanya menyerang Whatsapp, peretasan juga terjadi pada akun telegram koorbid Sosial Lingkungan BEM UI, Naifah Uzlah, pada pukul 02:15 WIB, Senin, 28 Juni 2021. Kejadian peretasan berikutnya menimpa akun Instagram Kepala Departemen Aksi dan Propaganda BEM UI bernama Syahrul Badri.

BACA JUGA: Capai Target Vaksinasi Sejuta Per Hari, Menkes Ajak Masyarakat Segera Divaksin

Sejak pukul 21.45 WIB, 27 Juni 2021, akun Instagram Syahrul Badri mengalami 'restriction' setelah mengunggah beberapa postingan menggunakan fitur Insta Stories menyangkut surat pemanggilan pengurus BEM UI oleh pihak universitas.

Terhadap instagram Syahrul, Leon mengungkapkan sampai saat ini pemilik akun belum bisa menggunakan akun tersebut seperti biasa. Melihat kondisi ini, dirinya mengecam aksi serangan digital ini.

"Dengan ini kami mengecam keras segala bentuk serangan digital yang dilakukan kepada beberapa pengurus BEM UI 2021," ujarnya di dalam cuitan.

BACA JUGA: Hadapi Lonjakan Kasus, Jokowi: Setiap Kita Punya Peran dalam Menghentikan Pandemi

Pada 27 Juni 2021, akun media sosial BEM UI mengeluarkan meme bergambar Presiden Jokowi dengan caption "JOKOWI: THE KING OF LIP SERVICE". Mereka menyebut Presiden Jokowi kerap mengobral janji manisnya.

Namun realitanya sering kali juga tak selaras. Mulai dari rindu didemonstrasi, revisi UU ITE, penguatan KPK, dan rentetan janji lainnya. "Semua mengindikasikan bahwa perkataan yang dilontarkan tidak lebih dari sekadar bentuk 'lip service' semata. Berhenti membual, rakyat sudah mual!" tulis BEM UI.

(Jakartatodaynews.com)