Home Peristiwa Petugas Gabungan Tangani Luapan Kali Baru Simpang Hek Kramatjati

Petugas Gabungan Tangani Luapan Kali Baru Simpang Hek Kramatjati

Limpasan Hek Kramatjati

SHARE
 Petugas Gabungan Tangani Luapan Kali Baru Simpang Hek Kramatjati

Caption Gambar: Dok Kominfotik Jakarta Timur

JAKARTATODAYNEWS, Jakarta - Sebanyak 144 petugas gabungan melakukan penanganan luapan air Kali Baru, Simpang Hek, Kelurahan Tengah Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur akibat intensitas hujan yang tinggi di Bogor, Senin (25/3/2024). 

Limpasan air terjadi pada lokasi Kali Baru yang masih dalam proses penanganan pembuatan turap oleh pihak Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta. Sementara lokasi lainnya yang turapnya sudah rampung tidak mengalami limpasan. Penanganan dilakukan karena luapan air Kali Baru melimpas ke Jalan Raya Bogor

Untuk sementara, penanggulangan dilakukan dengan pembuatan bronjong dari karung yang berisi pasir oleh 60 petugas Satpel Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Kramat Jati dan Satpel SDA Jakarta Timur. Penanggulan ini berhasil membuat genangan di Simpang Hek surut.

Hal itu diungkapkan Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, saat dihubungi tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur. Ia menjelaskan karung ditata di tanggul Kali Baru yang jebol untuk menahan aliran air yang melimpas ke Jalan Raya Bogor, sebagai penanganan awal.

“Proses pembangunan tanggul Kali Hek masih ditangani langsung oleh Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta. Jadi kami hanya penanganan tercepat saja untuk antisipasi air yang melimpas ke Jalan Raya Bogor, untuk tidak mengganggu pengendara di Jalan Raya,” jelasnya. 

Sementara itu, Camat Kramat Jati, Igan Muhammad Faisal, mengatakan terkait penanganan efek tanggul jebol, pihak Kecamatan Kramat jati mengerahkan puluhan petugas gabungan. 

Mulai Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dari Kelurahan Tengah dan Kramati Jati sebanyak 30 personil, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Satpel Suku Dinas Perhubungan Kecamatan Kramat Jati (10), Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) (8), Petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Sosial (P3S Dinsos) (5) dan Patroli Jalur Transjakarta, dan Polsek Kramat Jati (15).

“Para petugas untuk mengatur lalu lintas, dan ikut membantu mendorong motor yang mati akibat genangan limpasan air di Kali Baru,” jelasnya.