Home Bola Belanda vs Ukrainan Bermain Sengit, Lima Gol Tercipta di Johan Cruyff Arena

Belanda vs Ukrainan Bermain Sengit, Lima Gol Tercipta di Johan Cruyff Arena

Euro 2020 Grup C

SHARE
Belanda vs Ukrainan Bermain Sengit, Lima Gol Tercipta di Johan Cruyff Arena

Caption Gambar: Selebrasi Denzel Dumfries setelah jadi penentu kemenangan Belanda vs Ukraina yang berlangsung di Johan Cruyff Arena. (Foto UEFA)

Jakartatodaynews.com, AMSTERDAM - Belanda suskse membuka kemenangan di Euro 2020 setelah mengandaskan Ukraina dengan skor 3-2. Gol dicetak Gini Wijnaldum 53', Wout Weghorst 58', Denzel Dumfries 85' ; Andriy Yarmolenko 75', Roman Yeremchuk 80'.

Bermain di Johan Cruyff Arena Senin dini hari (14/6/2021), kedua negara langsung bermain cepat sejak kickoff. Memphis Depay hampir bikin gol di menit kedua saat melakukan solo run dari tengah lapangan menuju kotak penalti.

Dia melewati adangan 3-4 pemain lawan, tapi bola sepakannya masih bisa ditepis Ukraina Georgi Bushchan. Setelah itu Belanda bikin peluang lagi pada menit kelima.

Gini Wijnaldum sejatinya mendapat bola di depan gawang tapi memilih mengoper ke Denzel Dumfries yang berdiri bebas di kanannya. Meski begitu, bola sepakannya masih bisa ditepis Buschchan.

Belanda masih menekan pertahanan Ukraina lewat serangan cepat dari sisi sayap kanan yang ditempati Dumfries. Namun serangannya belum membuahkan hasil.

Di menit ke-39 Wijnaldum mendapat ruang tembak dan langsung melepaskan sepakan voli. Bushchan yang nyaris terkecoh dengan cepat menepis bola.

Pada menit ke-40 giliran Denzel Dumfries yang punya peluang. Crossing dari kiri menemuinya di tiang jauh, tapi sundulan Dumfries dalam posisi bebas di depan gawang melebar. Hingga turun minum, skor 0-0 bertahan.

Pada babak kedua, Belanda akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-52. Dumfries lagi-lagi jadi kekuatan Belanda dari sisi kanan yang mengoyak pertahanan Ukraina.

Kali ini umpan tariknya berhasil dihalau Bushchan namun bola jatuh di jalur tembak Wijnaldum, yang langsung menyambarnya dengan kaki kiri dan jadi gol.

De Oranje pun semakin bersemangat menggempur pertahanan Ukraina. Gol kedua Belanda tercipta pada menit ke-58. Lagi-lagi Dumfries jadi momom pertahanan anak asuk Andriy Shevchenko itu.

Dumfries mengawali serangan lewat sisi kanan dan sempat diamankan pemain Ukrainan. Namun, miskomunikasi membuat bola tidak dibuang sempurna dan disikat kaki kanan Weghorst untuk menjebol jala Bushchan.

Gol kedua Belanda sempat diprotes Ukraina karena Dumfries dalam posisi offside, tapi VAR mensahkan gol tersebut.

Belanda terus menggempur untuk mendapatkan gol ketiga.

Ukraina membuat peluang di menit ke-72 dari tembakan Roman Yaremchuk yang tepat di pelukan Stekelenburg. Ukraina berhasil memangkas skor pada di menit ke-75 ketika Yarmolenko memainkan umpan 1-2 dengan rekannya di depan kotak penalti. 

Setelah itu, dia melepaskan tembakan kaki kiri dan bola melengkung ke pojok kanan atas tanpa bisa dijangkau Stekelenburg

BACA JUGA: Tertahan Dibabak Pertama, Austria Berhasil Menangkan Pertandingan Pembukanya Lawan Macedonia Utara

BACA JUGA: Kalahkan Kroasia, Jude Bellingham Pecahkan Rekor Pemain Termuda Yang Main di Kompetisi Euro

Pertandingan semakin seru ketika Ukraina membuat gol keduanya pada menit ke-79 saat free kick Ruslan Malinovsky mengarah ke kotak penalti. 

Yaremchuk yang tak terkawal mampu menanduknya ke pojok kiri gawang dan Stekelenburg cuma terpaku. Skor jadi 2-2.

Di menit ke-85 giliran Dumfries yang jadi penentu kemenangan Belanda jadi 3-2. Crossing Nathan Ake dari sisi kiri menemui Dumfries di tiang jauh dan dia mampu menyundul bola ke gawang. Bushchan yang coba menepis tak kuasa melihat gawangnya bobol.

 

(Jakartatodaynews.com)