Home Bola Hasil Pertandingan Perempatfinal Euro 2020: Italia Tantang Spanyol di Semifinal

Hasil Pertandingan Perempatfinal Euro 2020: Italia Tantang Spanyol di Semifinal

EURO 2020

SHARE
Hasil Pertandingan Perempatfinal Euro 2020: Italia Tantang Spanyol di Semifinal

Caption Gambar: Para pemain Italia selebrasi ke penonton usai mengalahkan Belgia 2-1 di Allianz Arena, Munich, Sabtu (3/7/2021). (Foto @azzurri)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Semifinal Euro 2020 mempertemukan antara Italia vs Spanyol di Wembley, London, pada 7 Juli pukul 02.00 WIB.

Hasil itu didapat setelah Spanyol mengalahkan tim underdog Swiss lewat adu penalti 3-1. Sementara Italia mengandaskan generasi emas Belgia dengan skor 2-1.

Bermain di Keestovsky Stadium, Spanyol unggul lebih dulu atas Swiss lewat gol bunuh diri Denis Zakaria. Gol bunuh diri tersebut jadi yang ke-11 selama turnamen Piala Eropa.

Spanyol sepertinya bakal menang mudah. Tapi, Swiss setelahnya mampu bertahan dengan baik dan meredam setiap serangan Spanyol. 

Hingga akhirnya skor 1-1 di menit ke-72 usai Xherdan Shaqiri menjebol jala Unai Simon karena kesalahan bek-bek Spanyol.

Tak ada gol lagi tercipta hingga 120 menit laga tuntas, meski Spanyol punya banyak peluang di babak perpanjangan waktu 2x15 menit. 

Dalam drama adu penalti, dua penendang Spanyol sempat gagal, yakni Sergio Busquets dan Rodri.

Dari Swiss, ada tiga eksekutor gagal sebelum eksekusi Mikel Oryazabal memastikan kemenangan 3-1 dalam drama adu penalti.

Di tempat terpisah, di Allianz Arena, Munich, Italia bermain agresif sejak menit pertama saat melawan Belgia. Gli Azzurri mencetak keunggulan dua gol lebih dulu lewat Nicolo Barella di menit ke-31 dan Lorenzo Insigne di menit ke-43.

Barella mencetak gol setelah kesalahan Jan Vertonghen dimaksimalkan dengan baik oleh Marco Verratti yang merebut bola. Verratti mengoper pada Barella yang sukses mencari ruang tembak dan menaklukkan Thibaut Courtois.

Insigne menambah keunggulan Italia lewat aksi individu yang diakhiri tembakan terarah ke pojok kiri gawang Belgia.

Di masa injury time, Belgia sukses mencetak gol balasan lewat penalti Romelu Lukaku. Penalti diberikan setelah Giovanni Di Lorenzo melanggar Jeremy Doku di kotak terlarang.

Belgia punya peluang bagus untuk menyamakan kedudukan saat kerja sama Doku dengan Kevin De Bruyne membuat Romelu Lukaku punya peluang menyelesaikan serangan di muka gawang.

Namun tendangan Lukaku ke gawang yang terbuka berhasil dibendung oleh Leonardo Spinazzola. Lukaku juga kehilangan keseimbangan sehingga tak mampu memanfaatkan bola liar yang bergulir setelahnya.

Di menit ke-78, Spinazzola mengalami cedera sehingga harus ditarik keluar untuk digantikan Emerson. Domenico Berardi juga masuk menggantikan Insigne.

Hingga peluit panjang dibunyikan, skor masih 2-1 dan Italia lolos ke semifinal melawan Spanyol.

 

(Jakartatodaynews.com)