Home Nasional Kabar Baik, Rusun Pasar Rumput Terima Pasien Covid Mulai Hari Ini

Kabar Baik, Rusun Pasar Rumput Terima Pasien Covid Mulai Hari Ini

Covid-19

SHARE
Kabar Baik, Rusun Pasar Rumput Terima Pasien Covid Mulai Hari Ini

Caption Gambar: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Sumber: Humas Sekretariat Kabinet

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan sejumlah ruang perawatan bagi pasien Covid-19, khususnya di Jakarta. Sarana dan prasarana RS ini disiapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah telah menyiapkan tempat isolasi mandiri terpusat di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, dengan kapasitas 5.952 tempat tidur yang terdapat di tiga tower. 

BACA JUGA: Asrama Haji Mulai Terima Pasien Covid-19, Simak Kriteria Pasien yang Dirawat

Tower 1 sebanyak 689 unit dengan 2.067 tempat tidur telah siap beroperasi mulai hari ini.

“Untuk Tower 2 dan 3 sudah siap prasarananya, pagi hari tadi mulai masuk tempat tidurnya dan alkesnya. Nanti akan segera, kalau memang Tower 1 sudah penuh, itu akan dapat kita operasikan,” paparnya dalam keterangan persnya, Senin, 12 Juli 2021.

BACA JUGA: Evaluasi PPKM Darurat, Ini Kata Luhut

Menteri PUPR juga memaparkan bahwa pihaknya juga akan menyiapkan zona khusus penanganan COVID-19 di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

“Kami baru saja diberi penugasan oleh Bapak Menteri Kesehatan untuk menyiapkan Rumah Sakit Kiara atau Paviliun Kiara Rumah Sakit RSCM menjadi Rumah Sakit COVID-19 yaitu di lantai 3, 4, dan 5, serta lantai 8, 9, dan 10 dengan total 390 tempat tidur nantinya,” ujarnya.

BACA JUGA: LaporCovid: Ratusan Pasien Isolasi Mandiri Meninggal di Rumah

Pengerjaan ini, imbuh Basuki, ditargetkan akan selesai dalam waktu tiga minggu. 

“Insyaallah nanti malam atau besok pagi sudah mulai bekerja dan paling lambat tiga minggu akan bisa kita manfaatkan atau kita siapkan untuk operasi Rumah Sakit COVID-19,” imbuhnya.

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, Bawa Dokumen Perjalanan untuk Naik KRL

BACA JUGA: Vaksinasi Individu Berbayar Batal Digelar Hari Ini

Menteri PUPR menegaskan pihaknya juga siap turut serta menyiapkan rumah sakit lapangan sesuai dengan penugasan yang diberikan.

“Sedangkan untuk rumah sakit keempat, rumah sakit lapangan di daerah-daerah, kami akan siap melaksanakan sesuai dengan perintah dari BNPB dan Menteri Kesehatan,” tuturnya.

(Jakartatodaynews.com)