Home Nusantara Unpas Jalin Kerja Sama dengan UB dan UMM

Unpas Jalin Kerja Sama dengan UB dan UMM

Studi Komparatif

SHARE
Unpas  Jalin Kerja Sama dengan UB dan UMM

Caption Gambar: Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unpas Vera Hermasawan (empat dari kanan) memberikan cenderamata kepada perwakilan UB dan UMM. (foto FISIP Unpas)

Jakartatodaynews.com, MALANG - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pasundan (FISIP Unpas) melaksanakan studi komparatif di dua kampus besar di Kota Malang, yakni FISIP Universitas Brawijaya dan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kegiatan tersebut berlangsung pada 12-15 Juli 2022.

Rombongan FISIP Unpas dipimpin langsung Dekan FISIP Unpas M. Budiana didampingi Warek III Unpas Deden Ramdan, Wadek II FISIP Unpas Yulia Segarwati, Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Unpas Vera Hermasawan, dan jajaran dosen .

Selain saling bertukar informasi dan sharing pengalaman ihwal pengelolaan pendidikan pada fakultas masing-masing, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penandatanganan nota kesepakatan MoA yang akan menjadi payung besar berbagai program kerjasama di masa mendatang. Baik antara FISIP Unpas dengan FISIP UB maupun FISIP Unpas dengan FISIP UMM.

Penguatan kerja sama terutama dalam kaitan dengan pengelolaan Prodi Ilmu Komunikasi yang menjadi bagian dari FISIP di ketiga universitas tersebut.

”Kami sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Barat tentu juga harus mendapatkan insight yang lebih luas dan komparatif dengan berbagai perguruan tinggi lainnya. Lebih jauh lagi menjalin kemitraan dan kerja sama yang saling membawa manfaat,” ungkap Budiana.

Kerja sama ketiga lembaga ke depan terutama diarahkan dalam bidang pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Adapun bentuk kerja sama tersebut di antaranya pertukaran pelajar, kerja sama proyek penelitian, kerja sama pkm, kerja sama publikasi ilmiah, pengembangan keorganisasian mahasiswa dan kurikulum, serta penyelenggaraan konferensi, pelatihan dan seminar.

Kerja sama ini merupakan upaya bentuk dari Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang perjanjiannya akan berlangsung selama 5 tahun kedepan.

Hal ini sangat disambut baik oleh Dekan FISIP Unibraw Sholih Mu’adi dan Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unibraw Diyah Ayu Amalia Avina. Hal serupa juga direspons positif oleh unsur pimpinan FISIP Universitas Muhammadiyah Malang yang dipimpin Dekan FISIP UMM Muslimin Machmud.

 

(Jakartatodaynews.com)