Home Nasional Capai Target Vaksinasi Sejuta Per Hari, Menkes Ajak Masyarakat Segera Divaksin

Capai Target Vaksinasi Sejuta Per Hari, Menkes Ajak Masyarakat Segera Divaksin

Vaksinasi

SHARE
Capai Target Vaksinasi Sejuta Per Hari, Menkes Ajak Masyarakat Segera Divaksin

Caption Gambar: Ilustrasi vaksin Covid-19. Sumber: Freepik.com

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Pemerintah mencapai target 1,31 juta vaksinasi per hari pada Sabtu, 26 Juni 2021. Capaian ini lebih awal dari target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo, yakni di bulan Juli.

Kenaikan tersebut ditopang oleh operasi satu juta vaksinasi yang digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia oleh TNI-Polri. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, pemerintah akan menjamin ketersediaan vaksin yang dibutuhkan untuk mengakselerasi vaksinasi.

BACA JUGA: Hadapi Lonjakan Kasus, Jokowi: Setiap Kita Punya Peran dalam Menghentikan Pandemi

“Vaksinasi menjadi salah satu upaya penting dalam mengurangi laju penyebaran virus sehingga mengurangi lonjakan kasus dan membawa kita keluar dari pandemi. Salah satu strategi pemerintah adalah mengupayakan ketersediaan vaksin dan mempercepat program vaksinasi sehingga semakin banyak masyarakat terlindungi,” kata dia di dalam keterangan tertulisnya.

BACA JUGA: Pemerintah Ubah Tiga RS di Jakarta Menjadi RS Khusus Covid, Di Mana Saja?

Hingga 26 Juni vaksinasi dosis pertama telah dilakukan pada lebih dari 27 juta orang dan vaksinasi dosis kedua pada lebih dari 13 juta orang. Kemenkes pun terus berupaya mempercepat pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat.

Kemenkes juga telah mengeluarkan surat edaran yang menginstruksikan seluruh pos pelayanan vaksinasi, Unit Pelaksana Teknis di bawah Kemenkes, seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), rumah sakit vertikal, dan politeknik kesehatan di seluruh Indonesia untuk melakukan vaksinasi kepada semua target sasaran tanpa memandang domisili atau tempat tinggal pada Kartu Tanda Penduduk (KTP).

BACA JUGA: Pembelajaran Tatap Muka, Kemendikbudristek: Anak Tetap dapat Belajar dari Rumah

Pemerintah juga terus mengupayakan ketersediaan vaksin, baik lewat skema multilateral maupun bilateral demi mencukupi stok yang ada saat ini dan menjaga laju vaksinasi tetap tinggi di angka satu juta dosis per hari.

“Jadi, saya undang seluruh masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya karena hanya dengan vaksinasi dan melaksanakan protokol kesehatan yang ketat, kita dapat keluar dari pandemi,” ujar Menkes.

(Jakartatodaynews.com)