Home Bola Hasil Pertandingan Babak 16 Besar Euro 2020: Spanyol Menang Besar, Prancis Kalah Adu Penalti

Hasil Pertandingan Babak 16 Besar Euro 2020: Spanyol Menang Besar, Prancis Kalah Adu Penalti

EURO 2020

SHARE
Hasil Pertandingan Babak 16 Besar Euro 2020: Spanyol Menang Besar, Prancis Kalah Adu Penalti

Caption Gambar: Kapten Swiss Granit Xhaka membawa negaranya ke perempatfinal setelah menumbangkan juara Piala Dunia 2018 Prancis lewat adu penalti. (Foto UEFA)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Pesta gol terjadi di laga antara Kroasia vs Spanyol dan Prancis vs Swiss. Juara Piala Dunia 2018 harus angkat koper lebih dini dari gelaran Euro 2020 ini. Sementara Spanyol melaju ke babak perempatfinal dan susah panyah untuk mengalahkan Kroasia.

Bermain di Stadion Parken, Copenhagen, Spanyol tertinggal terlebih dahulu akibat gol bunuh diri. Di mana kiper Unai Simon Simon melakukan kesalahan karena tak bisa menerima bola dengan baik ketika Pedri mencoba memberikan umpan kepada kiper Spanyol tersebut dari tengah lapangan.

Gol bunuh diri Simon lantas membuat Spanyol justru semakin menekan lini pertahanan Kroasia. 

Tim Matador akhirnya berhasil juga menjebol gawang Kroasia di menit 38. Adalah Pablo Sarabia yang mampu membuat pertandingan kembali sama kuat.

Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Kroasia, Sarabia berhasil melesatkan tendangan yang berawal dari bola muntahan Dominik Livakovic. Skor 1-1 itu pun bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, Spanyol unggul berkat gol yang diciptakan oleh Cesar Azpilicueta. Berawal dari umpan silang Ferran Torres dari sisi kanan pertahanan Kroasia, Azpilicueta mampu menyundul bola tepat ke arah gawang Livakovic.

Pada menit 76, Spanyol mulai menjauh dari kejaran Kroasia. Skuad asuhan Luis Enrique itu berhasil mencetak gol ketiga melalui aksi Ferran Torres.

Pada menit 85, Kroasia memperkecil kedudukan jadi 3-2 lewat Mislav Orsic. Serangan demi serangan mampu diberikan Luka Modric dan kawan-kawan. Pertahanan Spanyol yang awalnya kuat itu lantas jebol kembali di menit 90+2. Mario Pasalic memberikan harapan bagi Kroasia kembali lewat gol injury time.

Dua gol tambahan Spanyol yang diciptakan di extra time oleh Alvaro Morata di menit 100 dan Mikel Oyarzabal di menit 103, membawa Spanyol menang 5-3 dan menyingkirkan Kroasia. Tim Matador memastikan diri melaju ke perempatfinal.

Di tempat terpisah, bermain di Arena Nationala, Bucharest, Prancis teringgal 1-0 oleh Swiss di babak pertama berkat gol Haris Saferovic di menit ke-15.

Selepas jeda, laga dipenuhi drama. Hal tersebut dimulai saat Ricardo Rodriguez gagal mengeksekusi penalti di menit ke-55.

Prancis langsung menghukum hal itu dengan dua gol dari Karim Benzema pada menit ke-57 dan 59. Paul Pogba membawa Prancis menjauh di menit ke-75.

Tertinggal 1-3, Swiss tak menyerah. Mereka secara luar biasa bangkit menyamakan kedudukan dari gol kedua Seferovic pada menit ke-81 serta torehan Mario Gavranovic di menit ke-90.

Skor imbang 3-3 menutup 90 menit. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu.

Tak ada gol tambahan di 2x15 menit extra time. Pemenangan laga ini ditentukan lewat adu penalti.

Di dalam adu penalti, lima penendang Swiss sukses menjalankan tugasnya. Kylian Mbappe kemudian menjadi pesakitan usai gagal menuntaskan tugasnya sebagai penendang kelima Prancis. 

Pemain PSG tersebut gagal mengikuti jejak empat eksekutor Prancis sebelumnya yang bisa menggetarkan jala Yann Sommer.

 

(Jakartatodaynews.com)