Home Nasional Kampanyekan Penggunaan QRIS, Bank Indonesia Gelar Senam Fun Zumba di Sarinah

Kampanyekan Penggunaan QRIS, Bank Indonesia Gelar Senam Fun Zumba di Sarinah

Bank Indonesia

SHARE
Kampanyekan Penggunaan QRIS, Bank Indonesia Gelar Senam Fun Zumba di Sarinah

Caption Gambar: Acara Senam Fun Zumba di Sarinah Jakpus, Minggu (26/11/2023).

JAKARTA - Perluasan digitalisasi sistem pembayaran telah berdampak signifikan dalam mendorong DKI Jakarta menjadi Kota Global. Upaya tersebut didorong melalui inisiatif sistem pembayaran yang cepat, mudah, murah, aman dan handal untuk melakukan transaksi digital melalui QRIS. 

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta, Arlyana Abubakar mengajak masyarakat untuk senam zumba dengan tema 'QRIS Fun Zumba di Sarinah, Jakarta Pusat 26 November 2023.

 

Tujuannya demi mewujudkan transformasi digitalisasi sistem pembayaran sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

 

Rangkaian kegiatan QRIS Fun Zumba sekaligus menkampanyekan keunggulan, manfaat, dan urgensi ke DKI Jakarta agar menggunakan QRIS.

 

Pentingnya menangkap peluang pada perkembangan digitalisasi, termasuk penggunaan QRIS sebagai alat pembayaran kekinian yang CeMuMuAH (Cepat, Mudah, Murah, Aman dan HAndal).

 

"Perkembangan QRIS DKI Jakarta telah tumbuh sangat signifikan dalam 3 tahunterakhir," tuturnya. 

 

Volume transaksi QRIS di DKI Jakarta sepanjang tahun 2023 telah melampaui 4 kali jumlah transaksi pada tahun 2021 lalu. 

 

Pencapaian ini didorong oleh signifikansi jumlah pengguna QRIS di DKI Jakarta yang mencapai 5,5 juta atau tumbuh 22,08 persen. Dilihat dari pangsanya, sebaran transaksi QRIS hampir inklusif di seluruh wilayah Jakarta.

 

"Memang saat ini Jakarta Selatan memiliki pangsavolume transaksi tertinggi sebesar 28,19 persen yang disusul oleh Jakarta Barat sebesar27,23 persen," ungkapnya.

 

Inklusivitas penggunaan QRIS di DKI Jakarta juga diperkuat oleh tersedianya QRIS di merchant-merchant yang mencapai 5,09 juta atau tumbuh18,16 persen. 

 

Berdasarkan jenis usahanya, QRIS utamanya terdapat pada jenisUsaha Mikro sebesar 37 persen, Usaha Kecil 32 persen dan Usaha Menengah 20 persen.

 

"Penyelenggaraan QRIS Fun Zumba, yang bertepatan dengan momen Hari Bebas Kendaraan Bermotor, telah berhasil menarik antusiasme masyarakat DKIJakarta dengan total peserta zumba mencapai 5.000 orang," tuturnya. 

 

"Momen ini juga digunakan untuk mengkampanyekan fitur-fitur layanan QRIS terbaru antara lain QRISCross Border dan TUNTAS atau Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai," tambahnya. 

 

Arlyana menjelaskan, QRIS Cross Border dapat menjadi solusi transaksi pembayaran antar negara. 

 

Masyarakat Indonesia bisa langsung bertransaksi menggunakan QRIS di negara-negara anggota QRIS Cross Border. 

 

Sampai saat ini, sudah terdapat lima negara yang bergabung antara lain Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

 

"Tren positif ini sejalan dengan inisiatif Regional Payment Connectivity yang mendorong pembayaran antar negara lebih mulus, nyaman dan terjangkau di negara-negara ASEAN," imbubnya. VIR