Home Kriminal Pabrik Miras Rumahan di Tambora Digrebek Polisi, Omsetnya Perbulan Rp 80 Juta

Pabrik Miras Rumahan di Tambora Digrebek Polisi, Omsetnya Perbulan Rp 80 Juta

Kriminal

SHARE
Pabrik Miras Rumahan di Tambora Digrebek Polisi, Omsetnya Perbulan Rp 80 Juta

Caption Gambar: Pabrik Miras Rumahan di Tambora Digrebek Polisi, Omsetnya Perbulan Rp 80 Juta

JAKARTA - Polisi berhasil mengungkap sebuah pabrik atau home industry minuman keras ilegal jenis CIU yang berada di wilayah Jembatan Besi, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

 

Dari pengungkapan tersebut polisi mengamankan sebanyak 1 Orang pelaku berinisial KL alias Johan (53), yang berperan sebagai pemodal dan pembuat minuman keras ilegal, serta sekaligus sebagai distributor,

 

Pelaku mengaku telah beroperasi selama 7-8 bulan dengan omset per minggu mencapai Rp15-20 juta, sehingga omset bulanan mencapai sekitar Rp60-80 juta.

 

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol M Syahduddi didampingi kapolsek tambora kompol Putra Pratama mengatakan, Pengungkapan ini didasarkan adanya informasi adanya keresehan dari masyarakat terdapat sebuah bangunan yang dijadikan tempat industri pembuatan minuman keras ilegal jenis CIU 

 

" Dalam penggrebekan tersebut, penyidik berhasil mengamankan satu pelaku berinisial KL alias Johan (53), yang berperan sebagai pemodal dan pembuat minuman keras ilegal, serta sekaligus sebagai distributor," ujar Kombes Pol M Syahduddi saat diwawancarai dilokasi, Rabu, 20/9/2023. 

 

Selain itu terdapat satu orang lainnya berinisial SS, yang berperan sebagai pengendali dan penyewa ruko yang terlibat, namun saat ini masih buron dan dalam pengejaran petugas

 

Barang bukti yang diamankan terdapat sebanyak 129 drum besar untuk fermentasi, 4560 botol CIU siap edar, 7 jeriken berisi 30 liter CIU, 5 buah tungku, 30 tabung gas, 9 wajan besar, 31 karung gula pasir, 11 ember kosong, 8 drum besar kosong, 9 bungkus ragi, satu karung beras merah, dan satu buah timbangan.

 

Modus operandi pelaku melibatkan penyewaan ruko 4 lantai yang dikamuflase sebagai tempat konveksi dengan papan nama kantor Lawfirm yang sudah selesai proses sewanya namun masih terpasang plang dirumah hukum tersebut.

 

" Lantai bawah sebagai tempat konveksi sementara lantai atas ruko digunakan untuk produksi minuman keras ilegal jenis CIU," ucap Syahduddi. 

 

Pelaku mengaku telah beroperasi selama 7-8 bulan dengan omset per minggu mencapai Rp15-20 juta, sehingga omset bulanan mencapai sekitar Rp60-80 juta.

 

Pelaku dijerat dengan pasal pidana terkait barang berbahaya bagi kesehatan dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun.

 

Selain itu, ada juga pelanggaran undang-undang Cipta Kerja yang dapat mengakibatkan hukuman penjara maksimal 4 tahun dan denda Rp10 juta.

 

Lebih jauh Syahduddi juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan keberadaan pabrik atau home industri minuman keras ilegal di wilayah hukum mereka guna mencegah peredaran dan dampak negatif yang bisa ditimbulkan, termasuk tindak pidana lainnya seperti perkelahian tawuran dan penyalahgunaan narkoba imbuhnya 

 

Guna mempertanggung jawabkan atas perbuatan pelaku dijerat Pasal 204 (1) KUHP dan/atau Pasal 46 dan atau Pasal 64 UU Cipta Kerja.