Home Bola Prediksi Pertandingan Grup E dan F: Berebut Sisa Empat Tiket 16 Besar

Prediksi Pertandingan Grup E dan F: Berebut Sisa Empat Tiket 16 Besar

EURO 2020

SHARE
Prediksi Pertandingan Grup E dan F: Berebut Sisa Empat Tiket 16 Besar

Caption Gambar: Timnas Portugal berlatih jelang lawan Prancis di laga terakhir Grup F Euro 2020 Kamis dini hari (24/6/2021) pukul 23.00 WIB. Portugal wajib menang jika ingin lolos ke babak 16 besar. (Foto (@selecaoportugal)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Sebanyak 12 negara sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020. Juara grup diisi Italia, Belanda, Belgia, Inggris. Untuk runner up ada Wales, Denmark, Austria, dan Kroasia. Lalu ada Republik Ceko dan Swiss lolos menempati tabel khusus dengan raihan 4 poin.

Sementara Swedia dan Prancis sama-sama mengoleksi 4 poin di dua pertandingan, jika hal buruk terjadi di matchday terakhir fase grup, Swedia dan Prancis masih bisa lolos lewat jalur posisi ketiga terbaik.

Empat tiket lagi yang bakal diperebutkan oleh delapan negara. Dua di antaranya sedang menunggu lewat posisi tiga terbaik, yakni Ukraina dan Finlandia dengan berharap Portugal dibantai Prancis dan Spanyol kalah dari Slovakia.

Perburuan empat tiket sisa tersebut akan tersaji pada Rabu malam (23/6/2021) pukul 23.00 WIB dan Kamis dini hari (24/6/2021) pukul 02.00 WIB.

Di mulai dari Grup E yang dimulai secara serentak, di antaranya Swedia vs Polandia dan Slovakia vs Spanyol. Dari Grup E, baru Swedia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan raihan 4 poin, disusul Slovakia (3 poin), Spanyol (2 poin), dan Polandia (1 poin).

Menghadapi Slovakia, Spanyol wajib menang jika ingin lolos ke fase knock out. Sementara, Slovakia hany butuh hasil imbang agar bisa lolos. Namun demikian, hal itu tak akan mudah karena pasukan Matador bakal bermain di depan publik sendiri.

Di waktu yang sama, Polandia juga butuh kemenangan agar bisa lolos ke babak 16 besar. Namun, tak akan mudah melawan Swedia, sebab Swedia belum terkalahkan sejak laga perdana. Selain itu, Swedia juga menjadi tim yang sama sekali belum kebobolan di Euro 2021 bersama Italia.

Laga seru lainnya akan tersaji di Grup F, bigmatch Portugal vs Prancis digelar bersamaan dengan duel Jerman vs Hungaria. Persaingan ketat di grup neraka menjadikan Prancis sebagai tim dari Grup F yang paling awal lolos ke babak 16 besar.

Sementara itu, Jerman, Portugal, dan Hungaria masih harus menentukan kelolosan hingga laga terakhir Kamis nanti. Jerman dan Portugal saat ini sama-sama mengoleksi 3 poin. Keduanya butuh minimal hasil imbang agar bisa lolos dari fase grup. Jika keduanya sampai kalah, peluang untuk lolos sebagai peringkat 3 terbaik masih ada. Syaratnya, Jerman dan Portugal tak boleh kalah dengan selisih lebih dari 1 gol.

Dengan demikian, sesuai aturan, keduanya berhak lolos ke babak 16 besar karena punya selisih gol yang lebih baik dari Finlandia (peringkat 3 Grup B) dan Ukraina (peringkat 3 Grup B) yang sama-sama finis dengan 3 poin dan memiliki defisit gol -1.

Sejauh ini di babak 16 besar baru ada dua pasang yang sudah bisa dipastikan lawannya. Ada Italia vs Austria dan Wales vs Denmark.

Belgia saat ini harus menunggu peserta dari posisi tiga terbaik yang ada di Grup A, E, dan F. Kroasia menanti runner-up dari Grup E, Inggris bakal dipertemukan dengan runner-up Grup F, dan Belanda menunggu lawan dari posisi ketiga terbaik di Grup D dan F.

 

(Jakartatodaynews.com