Home Perkotaan Ratusan Sopir Jak Linko KWK Jakarta Utara Jalani Vaksinasi

Ratusan Sopir Jak Linko KWK Jakarta Utara Jalani Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19

SHARE
Ratusan Sopir Jak Linko KWK Jakarta Utara Jalani Vaksinasi

Caption Gambar: Pengemudi Jak Linko KWK Jakarta Utara menjalani Vaksinasi, Selasa (22/6)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA – Ratusan sopir Jak Linko Koperasi Wahana Kalipika (KWK) Jakarta Utara menjalani vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Keikutsertaannya dalam program vaksinasi ini sebagai bukti peningkatan pelayanan transportasi umum bagi masyarakat.

“Istri saya sudah divaksin juga. Sekarang baru saya. Anak-anak belum divaksin karena masih dibawah umur 18 tahun. Nanti saya ajak yang lain untuk segera divaksin,” kata Buckhori Muslim, sopir Jak Linko Koperasi Wahana Kalpika (KWK) 58, Selasa (22/6/2021)

Ketua Jak Linko Koperasi Wahana Kalipika (KWK) Jakarta Utara Ramli Hi Muhammad mengatakan, sebanyak 800 sopir Jak Linko KWK terdaftar mengikuti vaksinasi Covid-19 ini.

Kedelapan ratus sopir ini terdiri dari 303 unit Jak Linko KWK yang beroperasi di wilayah Jakarta Utara.

“Satu unit Jak Linko KWK terdiri dari dua pramudi. Totalnya ada 606 orang. 194 orang lainnya merupakan pramudi back up (cadangan),” terang Ramli.

Dijelaskanya, program vaksinasi bagi sopir ini bertujuan dalam meningkatkan pelayanan transportasi umum.

Utamanya mencegah terjadinya penularan Covid-19 baik bagi sopir maupun penumpang setianya.

Ke depannya, vaksinasi akan digelar bagi keluarga sopir dan sopir regular yang belum bergabung pada program Jak Linko.

“Tidak sedikit sopir kami yang terpapar Covid-19. Bahkan semalam ada sopir yang sudah daftar tapi ternyata terpapar Cocid sehingga tidak bisa divaksin. Kami juga menerapkan sopir harus memiliki sertifikat vaksinasi untuk menjalankan tugasnya agar tidak tertular dan menularkan virus corona,” tegasnya.

Tenaga Kesehatan Puskesmas Kecamatan Cilincing dr Ike Kusuma Wardhani menerangkan, sebanyak tiga tim atau 24 tenaga medis ditugaskan dalam kegiatan vaksinasi sopir Jak Linko ini.

Sedangkan total vaksinasi yang disediakan mencapai sembilan ratus dosis hingga sore hari nanti.

“Dari Puskesmas Kecamatan Cilincing sendiri menyediakan tenaga medis yang bertugas pada meja skrining dan meja vaksinasinya. Kita juga menyediakan vaksinasinya,” ungkap Ike.

Apresiasi diucapkan Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Administrasi Jakarta Utara Harlem Simanjuntak saat meninjau kegiatan tersebut.

Adanya vaksinasi ini berdampak pada peningkatan antibodi bagi sopir Jak Linko sehingga dapat meningkatkan pelayanan transportasi umum.

“Kami sangat berterima kasih dan mendukung progam vaksinasi sopir Jak Linko KWK karena sesuai dengan program pemerintah bahwa kita harus divaksinasi. Kekebalan tubuhnya semakin tinggi sehingga dapat mengantisipasi terpaparnya covid bagi sopir maupun penumpang,” tutupnya. 

(Jakartatoday.co,id)