Home Peristiwa BMKG Ingatkan Banjir Landa Wilayah Tengah dan Timur Indonesia

BMKG Ingatkan Banjir Landa Wilayah Tengah dan Timur Indonesia

Perkiraan Cuaca

SHARE
BMKG Ingatkan Banjir Landa Wilayah Tengah dan Timur Indonesia

Caption Gambar: Tangkapan layar BMKG soal kondisi cuaca besok. (sumber : situs bmkg)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Melalui situs resminya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, hingga Papua untuk bersiap menghadapi banjir.

Hal itu terlihat melalui ramalan cuaca untuk wilayah itu pada Kamis (15/7/2021), dari situ terlihat bahwa hujan deras akan terjadi hingga menyebabkan banjir disejumlah titik. 

"Hujan badai, hujan lebat, dan banjir tanggal 15 - 16 Juli," tulis BMKG dalam keterangannya.

BMKG menyebut hujan deras yang melanda sebagian wilayah tengah dan wilayah timur Indonesia disebabkan adanya sirkulasi siklonik terpantau di Laut Cina Selatan, di Filipina bag Selatan dan d Selat Makassar.

Sirkulasi siklonik ini kemudian membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Laut Natuna, di Selat Makassar bag Selatan hingga Kalimantan Selatan, dan di Laut Banda hingga Sulawesi Selatan bag Utara serta  membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi yang memanjang di Selat Malaka, di Laut Cina Selatan dan di Laut Sulu.

BACA JUGA : Bamsoet Apresiasi Polrestro Jakbar Ungkap Bongkar Gudang Penimbunan Obat Covid-19

BACA JUGA : Berani Jujur Depan Denny Cagur, Billy Syahputra Jelaskan Penyebab Putus Hubungan dengan Amanda Manopo

Imbasnya intensitas hujan menjadi meningkat dengan deras dan menyebabkan ancaman banjir melanda beberapa kawasan seperti Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan. 

Selain itu banjir juga diprediksi akan terjadi merata di seluruh Pulau Sulawesi, Pulau Halmahera, Kepulauan Maluku, dan Papua. 

Bahkan dibeberapa wilayah itu, hujan juga akan turun disertai dengan angin kencang. 

Sementara untuk wilayah Jawa dan Sumatera, meskipun akan tercatat aman, namun hujan disertai kilat akan melanda sebagian wilayah ini. 

Jawa Barat, Banten hingga sebagian wilayah selatan Pulau Sumatera akan menjadi imbas dari anomali cuaca ini. 

(Jakartatodaynews.com)