Home Perkotaan Hai Orang Tua ! Dampingi Dong Saat Anak Divaksin

Hai Orang Tua ! Dampingi Dong Saat Anak Divaksin

SHARE
Hai Orang Tua ! Dampingi Dong Saat Anak Divaksin

Caption Gambar: Seorang ayah menemani anak yang tengah menjalani vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kelurahan Pademangan Barat 2, Senin (5/7)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA – Vaksinasi Covid-19 kini menyasar pada anak usia 12 tahun ke atas. Namun, proses vaksinasi harus mendapat pendampingan orang tua sebagai informan riwayat kesehatan anak.

“Alangkah baiknya vaksinasi didampingi orang tua,” kata dr. Tjhin Fariana, Kepala Puskesmas Kelurahan Pademangan Barat 2, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (5/7).

Dijelaskannya, pendamping berfungsi sebagai informan riwayat kesehatan anak. Jika anak memiliki riwayat penyakit bawaan seperti jantung, atau sedang demam dan batuk maka vaksinasi tidak diperbolehkan baginya.

“Pada saat proses skrining inilah pendamping bisa menceritakan riwayat kesehatan anaknya. Kalau tidak ada riwayat penyakit dan tidak sedang demam dan batuk bisa divaksin,” jelasnya.

dr. Tjhin memastikan, anak 12 tahun ke atas diberikan vaksin jenis Sinovac. Rentan waktu antara dosis vaksin pertama dan kedua yakni selama empat minggu.

“Untuk di sini kami ada sekitar belasan anak yang sudah divaksin,” tukasnya.