Home Peristiwa Sudin LH Jaksel Angkut 44,1 Meter Kubik Sampah Selama Perayaan Natal dari Gereja di Jaksel

Sudin LH Jaksel Angkut 44,1 Meter Kubik Sampah Selama Perayaan Natal dari Gereja di Jaksel

Pengangkutan Sampah

SHARE
Sudin LH Jaksel Angkut 44,1 Meter Kubik Sampah Selama Perayaan Natal dari Gereja di Jaksel

Caption Gambar: Dok Istimewa.

JAKARTATODAYNEWS, Jakarta - Sebanyak 44,1 meter Kubik sampah diangkut jajaran Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Selatan. Sampah tersebut berasal dari gereja se Jakarta Selatan saat perayaan Natal (25/12) 2023 lalu. 

Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan M Amin mengatakan jumlah tersebut didapat dari ratusan gereja yang berada di wilayah Jakarta Selatan.

"Untuk penanganan sampah saat Natal 2023. Itu jumlah (sampah yang diangkut), ada 44,1 meter kubik," ujar Amin saat dikonfirmasi, Kamis (28/12).

Ia pun merinci, sampah yang paling banyak diangkut selama Natal 2023 yakni di wilayah Cilandak, Jakarta Selatan. Jenis sampah yang diangkut petugas mayoritas sampah plastik berupa botol mineral dan sisa makanan. 

Total jumlah sampah yang diangkut oleh Sudin LH Jakarta Selatan sebanyak 9 m³. Amin menambahkan petugas di kecamatan lain pun melakukan hal yang sama seperti di Pancoran mengangkut 6 m³, Tebet 6,5 m³, Kebayoran Baru 4 m³, Kebayoran Lama 3,5 m³ 

Tidak hanya itu, pengangkutan dilakukan oleh 188 personel, dengan 34 kendaraan untuk membersihkan sampah-sampah di rumah ibadah. "Untuk sweepernya kami kerahkan ada 12 unit," ucap Amin. 

Pembersihan sampah itu dilakukan bertujuan untuk menjaga kebersihan demi kenyamanan warga yang beribadah.

Sudin LH Jakarta Selatan juga menyiapkan sejumlah petugas untuk pengangkutan sampah saat perayaan malam tahun baru 2024.

Adapun Dinas LH DKI Jakarta sendiri telah menyiagakan 3.180 petugas yang disebar di lima wilayah Ibu Kota pada malam pergantian tahun.