Home Nasional Kebutuhan Oksigen Pasien Covid Tinggi, Luhut: Pemerintah Impor Oksigen Cair

Kebutuhan Oksigen Pasien Covid Tinggi, Luhut: Pemerintah Impor Oksigen Cair

Covid-19

SHARE
Kebutuhan Oksigen Pasien Covid Tinggi, Luhut: Pemerintah Impor Oksigen Cair

Caption Gambar: Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan. Sumber: Humas Sekretariat Kabinet

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Kementerian itu adalah Kesehatan dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian BUMN. 

Pemerintah juga tengah dalam proses untuk mengimpor oksigen cair.

“Kami sudah proses impor 40 ribu ton oksigen likuid untuk digunakan ke depan ini. Kami berjaga-jaga walaupun sebenarnya kita tidak butuh sebanyak itu, tapi kalau melihat tren dunia, perkembangan di Amerika, perkembangan di Inggris, di mana trennya sekarang meningkat tajam, kita lebih bagus berjaga-jaga sehingga kita tidak caught by surprise,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, di dalam keterangannya, Senin, 12 Juli 2021.

BACA JUGA: Obat Covid Disebut Langka, Luhut: Pemerintah Sediakan Paket Obat Gratis

BACA JUGA: Kabar Baik, Rusun Pasar Rumput Terima Pasien Covid Mulai Hari Ini

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini menyampaikan pemerintah juga mempersiapkan untuk mengimpor oxygen concentrator dalam jumlah besar.

“Presiden sudah setuju kami akan impor oxygen concentrator itu 50 ribu tabung. Kami sekarang sudah punya mungkin beberapa ribu, mungkin dekat 10 ribu, dan itu akan kami bagikan untuk digunakan di kasus-kasus yang ringan,” ujarnya.

BACA JUGA: Asrama Haji Mulai Terima Pasien Covid-19, Simak Kriteria Pasien yang Dirawat

BACA JUGA: Evaluasi PPKM Darurat, Ini Kata Luhut

Menko Marinves juga memaparkan mengenai pelaksanaan vaksinasi bagi rakyat Indonesia. Dengan stok vaksin yang mencapai 45 juta dosis di bulan ini, pemerintah akan terus meningkatkan cakupan vaksinasi, khususnya untuk daerah-daerah marginal.

“Kami sepakat akan peningkatan vaksinasi, dilakukan oleh TNI-Polri dan juga dinkes [dinas kesehatan], langsung ke daerah-daerah marginal. Jadi di pinggiran-pinggiran kota langsung tim akan menyuntikan di sana. Itu saya kira akan mulai berjalan dalam minggu ini,” tuturnya.

BACA JUGA: LaporCovid: Ratusan Pasien Isolasi Mandiri Meninggal di Rumah

Dengan semua upaya penanganan yang telah dilakukan dibarengi dengan disiplin semua komponen masyarakat, Luhut berharap pandemi akan dapat segera dikendalikan.

“Jadi saya pikir dengan pelaksanaan vaksinasi, kemudian tadi PPKM berjalan secara bersamaan, dan kemudian obat, oksigen, kemudian juga tempat tidur, saya melihat dalam 4-5 hari ke depan kita situasinya akan membaik,” imbuhnya.

(Jakartatodaynews.com)