Home Nasional Maruf Amin Beberkan Aksi Nyata Pemerintah Jadikan Indonesia Sebagai Pusat Keuangan Syariah Dunia

Maruf Amin Beberkan Aksi Nyata Pemerintah Jadikan Indonesia Sebagai Pusat Keuangan Syariah Dunia

Berita Nasional

SHARE
Maruf Amin Beberkan Aksi Nyata Pemerintah Jadikan Indonesia Sebagai Pusat Keuangan Syariah Dunia

Caption Gambar: Wakil Presiden RI Maruf Amin menegaskan jika pemerintah telah melakukan aksi nyata menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah dunia, Rabu (23/6/2021). (Instagram kyai_marufamin)

Jakartatodaynews.com, JAKARTA - Wakil Presiden Maruf Amin melakukan menerima konferensi video Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Rabu (23/6/2021).

Dikatakan Maruf Amin, apabila dirinya telah mendapat laporan mengenai langkah-langkah pengonversian Bank Nagari menjadi Bank Syariah.

Namun ditegaskan Maruf Amin, jika pemerintah telah melakukan aksi nyata menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah dunia.

Hal itu dibeberkan Maruf Amin melalui akun Instagramnya @kyai_marufamin.

"Menerima Gubernur Sumatera Barat melalui konferensi video. Saya mendapatkan laporan terkait langkah-langkah yang telah dilakukan dalam pengonversian Bank Nagari menjadi bank syariah dan proses pengembangan layanan perbankan syariah yang nantinya akan diberikan Bank Nagari.

Saya tegaskan bahwa komitmen pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat keuangan syariah dunia telah ditunjukkan melalui aksi-aksi nyata.

Beberapa diantaranya dengan membentuk Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) melalui Peraturan Presiden Nomor 28 Tahun 2020 dan penggabungan 3 bank syariah di bawah naungan Himbara (Himpunan Bank Milik Negara) menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI).

Dalam skala mikro, dengan melihat potensi yang besar di daerah, pemerintah juga mendorong pengonversian Bank Pembangunan Daerah (BPD) menjadi bank syariah.

Karena itu untuk semakin memperkuat ekosistem keuangan syariah di Indonesia, konversi BPD yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Bank Nagari, menjadi bank syariah harus dipercepat. Saya harapkan bisa segera terwujud proses konversi ini.

Saya juga berpesan agar Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus mengintensifkan koordinasi dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah dan Otoritas Jasa Keuangan agar proses konversi Bank Nagari menjadi bank syariah dapat berjalan dengan baik.

Dan, kedepan nantinya Bank Nagari dapat terus menjaga mutu layanannya sehingga kepercayaan para nasabah untuk bertransaksi syariah dapat terus meningkat" tulis akun @kyai_marufamin dikutip Jakartatodaynews.com.

(Jakartatodaynews.com)